Your Ad Here

Senin, 05 Mei 2008

Tips Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah kondisi yang wajar di masa remaja. Ketika anak memasuki masa pubertas, kelenjar pituitary nya mulai aktif dan mengeluarkan sejumlah hormon. Perubahan hormonal tersebut merangsang kelenjar minyak di wajah untuk menjadi aktif. Tipe jerawat yang biasanya muncul pada kulit remaja adalah acne vulgaris. Jerawat tersebut biasanya muncul pada wajah, leher, bahu, punggung bagian atas, dan dada.
Folikel rambut yang terdapat dalam pori-pori kulit mengandung kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak. Kelenjar itu menghasilkan sebum, yaitu minyak yang melumasi rambut dan kulit. Di masa pubertas, kelenjar tersebut menjadi sangat aktif dan terkadang menghasilkan minyak yang terlalu banyak. Tumpukan sel kulit mati dan produksi minyak yang berlebihan akan membuat pori-pori kulit tersumbat. Hal itu membuat bakteri (yang disebut Propionibacterium acnes) akan terjebak di dalam pori-pori dan berkembang biak. Akibatnya, kulit akan meradang sehingga bengkak dan memerah, serta terkadang timbul benjolan yang berisi nanah di dalamnya.
Tumbuhnya jerawat di masa remaja memang tak terhindarkan, namun ada beberapa cara untuk mengurangi jerawat yang berkembang biak tersebut :
* Cuci muka adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan muka. Mencuci muka akan membantu membersihkan kelebihan minyak dan sel kulit mati yang mungkin akan menyumbat pori-pori kulit. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka karena kulit akan menjadi terlalu kering atau justru membuat jerawat menjadi semakin meradang. Gunakan sabun wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit.
* Usahakan mandi seusai berolahraga atau kegiatan lainnya yang membuat tubuh sangat berkeringat karena keringat dapat menyumbat pori-pori dan membuat jerawat bertambah parah.
* Jika Anda menggunakan produk untuk kulit, seperti pelembut atau make-up, carilah yang mencantumkan label non-comedogenic atau non-acnegenic karena produk tersebut tidak menyumbat pori-pori.
* Jangan pernah memencet jerawat karena akan membuat jerawat semakin parah atau meradang, dan ketika sembuh akan menimbulkan bekas yang sulit hilang.
* Usahakan untuk menjaga kebersihan wajah dengan baik.
* Makan makanan yang bernutrisi sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya merupakan ?makanan? yang baik untuk kulit.
* Jika jerawatnya terhitung sudah sangat parah, segera ke dokter kulit untuk mengatasi masalah tersebut.

1 comments:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://www.infogue.com/
http://kecantikan.infogue.com/tips_untuk_mengatasi_jerawat

anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!